Pesan Produk Sekarang

Blending Mode pada Photoshop CS 5

Dalam palet Layers, blending mode mempengaruhi bagaimana pixel layer akan berinteraksi dengan pixel layer di bawahnya. Berikut macam-macam blending mode pada Photoshop CS5 :



Normal
Campuran mode ini tidak berpengaruh pada layer di bawahnya.

Dissolve (Larut)
Mode campuran ini secara acak memilih piksel yang membentuk citra layer atas dan set opacity mereka ke nol. Mengatur tingkat kegelapan dari seluruh layer akan mengubah tampilan dari efek larut.

Darken (Menggelapkan)
Campuran ini terlihat normal pada pixel dari kedua layer atas dan bawah dan "project" warna gelap di bawah layer untuk "come through" warna ringan pada layer atas.

Multiply
Mode campuran ini mengalikan intensitas warna layer atas dengan layer bawah. Ini menghasilkan warna gelap dalam gambar komposit, memberikan campuran lebih kontras.

Color Burn
Mode campuran ini mencerahkan pixel cahaya dari layer atas dan menggelapkan pixel gelap dari layer atas dan bawah.

Linear Burn
Campuran ini menggunakan modus channel (yaitu : warna) untuk menentukan tingkat kegelapan setiap pixel dalam layer atas. CATATAN: Channel berisi informasi warna pada setiap pixel. Sebagai contoh, mode warna RGB memiliki empat saluran: RGB, Merah, Hijau, dan Biru.

Lighten
Mode campuran ini mencerahkan gambar komposit dengan membandingkan pixel di layer atas dan bawah: pixel yang paling ringan adalah salah satu yang ditampilkan.Oleh karena itu semua warna gelap diganti dengan warna lebih ringan.

Screen
Mode campuran ini digunakan untuk menyoroti. Mode ini mencerahkan semua warna pada layer atas dengan menurunkan opacity nya. Warna-warna terlalu gelap akan dicerahkan.

Overlay (Hamparan)
Mode campuran ini memadukan dua layer dengan mengubah opacity, kegelapan, dan pencahayaan dari layer atas.

Color Dodge
Modus campuran ini mencerahkan semua warna dari layer atas dan kemudian memadukan dua layer bersama-sama. Tidak ada perubahan yang dibuat untuk hitam.

Linear Dodge
Mode Campuran ini mencerahkan warna pada layer bawah menggunakan informasi saluran warna layer atas untuk meningkatkan kecerahan warna pada layer atas. Warna-warna cerah muncul di warna hitam, tidak seperti di Color Dodge.

Soft Light
Mode Campuran ini mencerahkan atau menggelapkan gambar tergantung pada warna dari layer atas: jika pixel layer atas gelap, maka pixel layer bawah gelap, jika pixel layer atas cerah, maka pixel layer bawah juga cerah.

Hard Light
Mode Campuran ini menggabungkan dua mode campuran lainnya. Jika pixel dari layer bawah lebih gelap dari midgray (50% gray/abu-abu), maka modus Multiply diterapkan pada pixel tersebut. Jika pixel lebih ringan daripada midgray, maka modus Screen diterapkan pada pixel tersebut.

Vivid Light
Mode Campuran ini khusus dodges atau membakar warna pada layer bawah. Jika warna atas lebih gelap atau lebih ringan dari midgray, kontras di layer bawah akan meningkat atau menurun.

Linear Light
Mode Campuran ini menyesuaikan kecerahan layer bawah tergantung pada apakah layer atas lebih gelap atau lebih ringan dari midgray. Jika lebih ringan daripada midgray, itu cerah, jika itu lebih gelap, tidak ada perubahan.

Pin Light
Mode campuran ini menggantikan warna pada layer bawah jika mereka lebih ringan dari campuran warna.

Hard Mix
Mode campuran merupakan kombinasi dari mode vivid light dan posterization effect (efek poster). Mode Ini akan membuat efek poster pada pixel layer bawah melalui layer campuran dan recolor gambar dengan menggunakan spesifikasi mode Vivid Light. Jika nilai Opacity lebih tinggi pada layer atas akan meningkatkan posterization effect pada gambar.
Hue
Mode ini menggunakan perpaduan warna dengan warna layer atas dan saturasi dan luminansi layer bawah untuk membuat gambar komposit.

Saturation (Efek Kejenuhan)
Mode ini menggunakan perpaduan saturasi warna layer atas dan pencahayaan dan warna dari layer bawah.

Color
Mode ini menggunakan perpaduan luminansi warna layer atas dan saturasi dan hue dari layer bawah.

Luminosity
Mode Campuran ini hanya menggunakan luminansi warna layer atas dan mengabaikan nilai-nilai hue dan saturasi dari layer bawah.

Difference
Mode ini melihat informasi warna dalam setiap channel dan mengurangi baik campuran warna dari warna dasar atau warna dasar dari warna campuran, tergantung pada yang memiliki nilai kecerahan lebih besar. Blending dengan warna putih membalikkan nilai warna dasar. Pencampuran dengan hitam tidak akan menghasilkan perubahan.

Exclusion
Mode ini menciptakan efek yang mirip tetapi kontrasnya lebih rendah daripada mode Difference. Blending dengan warna putih membalikkan nilai warna dasar. Pencampuran dengan hitam tidak akan menghasilkan perubahan.

Subtract
Mode ini melihat informasi warna dalam setiap channel dan mengurangi perpaduan warna dariwarna dasar. Pada gambar 8 - dan 16-bit, setiap nilai negatif yang dihasilkan dipotong menjadi nol.

Divide
Mode ini melihat informasi warna dalam setiap channel dan membagi campuran warna dari warna dasar.


Koleksi Produk Lainnya :

+ komentar + 4 komentar

6 Februari 2011 pukul 11.12

berapa layer ya mode blending ini.. anyway thanks postingnya sob

6 Februari 2011 pukul 22.25

Sampai saat ini, saya baru mencoba sampai 3 layer... Kalau dicoba lebih dari 3 layer menurut saya hasilnya akan jauh berbeda dan malah tidak terlihat efeknya.

27 Mei 2016 pukul 10.41

Harus sering dicoba ni soalnya banyak banget ada blending mode.

8 Agustus 2017 pukul 14.51

keren gan... :)

Posting Komentar

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Wordpress : Blog dengan account wordpress
Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonymous : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda.

SHARETHIS

 
Copyright © 2014. BukaBaju Template - Design: Gusti Adnyana