Pesan Produk Sekarang

Belajar Pemrograman Java

Bagi Sobat programmer mungkin nama Java tidak asing lagi. Tapi, bagi sobat yang belum tahu dan ingin bisa mengunakannya atau malah pingin jadi seorang programmer? Ini mungkin bisa menjadi salah satu referensi anda dalam belajar Java. Sebelumnya bagi yang mau download silahkan bisa didownload di Java.com. Software ini opensource jadi tidak berlicense alias GRATIS !!!. . Untuk lebih mengenal Java silahkan baca terlebih dahulu uraian dibawah ini :

Latar Belakang Bahasa Pemrograman Java

Diciptakan pada tahun 1991 Oleh James Gosling dari Sun Microsystems.Pada awalnya disebut dengan Oak, diambil dari nama pohon diluar jendela Gosling. Namanya berubah menjadi Java karena sudah ada bahasa lain yang bernama Oak.
Lha kok bisa namanya jadi java ??? Itu kan kalau diterjemahkan berarti Jawa dunk ! nama pulau Indonesia? Kata dosen saya, Konon... java lahir atas karya dari sebuah komunitas programmer. Kebetulan saja, komunitas programmer tersebut menyukai kopi yang berasal dari pulau Jawa. So, dinamain Java dech... lucu juga ya. hehe 

Motivasi awal dari Java

Kebutuhan terhadap platform bahasa yang bersifat free, yang dapat di-implementasikan pada produk elektronik untuk konsumen, seperti toaster dan kulkas. Salah satu dari proyek pertama yang dibangun menggunakan java yaitu remote control hand-held pribadi yang bernama Star 7

Pada saat yang sama, World Wide Web dan Internet sedang populer. Gosling et. al. menyadari bahwa Java bisa juga digunakan untuk pemrograman pada internet. Yang termasuk Teknologi Java :

Teknologi Java

Bahasa Pemrograman
Sebagai bahasa pemrograman, selain dapat digunakan untuk menciptakan berbagai macam aplikasi, Java juga dpat digunakan sebagai bahasa pemrograman biasa.

Development Environment
Sebagai development environment, teknologi Java menyediakan berbagai fasilitas untuk compiler Interpreter, documentation generator, dan class file packaging tool.

Application Environment
Aplikasi Java merupakan program khusus yang dapat berjalan pada mesin apapun, yang telah memiliki Java Runtime Environment (JRE)

Deployment Environment
  1. JRE didapat dari Java 2 Software Development Kit (SDK), yang di dalamnya terdapat kumpulan lengkap file class dari semua package Teknologi Java, termasuk class bahasa basic, class komponen GUI dan lain-lain.
  2. Deployment Environment pada web. Sebagian besar browser komersial menyediakan penerjemah / interpreter untuk Teknologi Java dan Runtime Environment.

Fitur Java

Java Virtual Machine (JVM)
Mesin virtual yang diimplementasikan oleh software sehingga menyamai mesin yang sebenarnya.
Menyediakan spesifikasi platform perangkat keras yang dapat meng-compile semua program Java.

Bytecode
Bahasa mesin khusus yang dimengerti oleh Java Virtual Machine (JVM).
Bebas dari kekhususan berbagai jenis perangkat keras komputer, jadi komputer dengan Java interpreter dapat mengeksekusi program java yang sudah ter-compile, tidak peduli jenis komputer apa yang telah meng-compile program tersebut.

Garbage collection
Bertanggung jawab untuk mengosongkan memori. Pengosongan memori terjadi otomatis selama masa aktif dari program java. Programmer dibebaskan dari beban untuk mengalokasikan kembali memori itu sendiri.

Code Security
Code Security disampaikan di Java melalui implementasi dari Java Runtime Environment (JRE).JRE menjalankan kode yang telah ter-compile pada JVM dan menampilkan class loading (melalui class loader), memverifikasi kode (melalui bytecode verifier) dan yang terakhir adalah mengeksekusi kode.

Class Loader
Bertanggung jawab untuk mengisi semua class yang dibutuhkan pada program java. Memberikan keamanan, dengan memisahkan namespace untuk class-class pada sistem file lokal, dimana semua class tersebut diimpor dari sumber pada jaringan.
Setelah mengisi semua class, susunan memori dari pelaksanaan kemudian ditentukan. Hal ini memberikan proteksi untuk melawan akses yang tidak diinginkan pada kode terlarang sejak peta memory ditentukan selama runtime.

Bytecode verifier
Menguji format pada fragmen code dan mengecek fragmen code dari code ilegal yang dapat mengganggu akses pada objek.

Koleksi Produk Lainnya :

Posting Komentar

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Wordpress : Blog dengan account wordpress
Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonymous : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda.

SHARETHIS

 
Copyright © 2014. BukaBaju Template - Design: Gusti Adnyana